Berproses lah Jangan Hianati Perjuangan


Sering kita mendapati lingkungan atau personal yang mudah sekali berkata susaaah. Nggak bisaa, padahal belum juga dicoba sudah bilang begitu. Saat menjadi guru matematika di SD juga begitu, mendapati kenyataan bahwa banyak siswa yang berawal dengan mudah mengatakan itu. 

Padahal ms Juli selalu mengatakan, jangan katakan susah sebelum dicoba. Di otak kita terdapat jutaan sel dendrit yang semua itu berawal dari kita. Begitu kita berkata susah maka mereka akan mengikuti sesuai prasangka dan ucapan kita.

𝙆𝙞𝙩𝙖 𝙖𝙙𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙖𝙥𝙖 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙠𝙞𝙩𝙖 𝙥𝙞𝙠𝙞𝙧𝙠𝙖𝙣. 𝘼𝙧𝙩𝙞𝙣𝙮𝙖 𝙠𝙞𝙩𝙖 𝙨𝙚𝙨𝙪𝙖𝙞 𝙙𝙚𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙥𝙧𝙖𝙨𝙖𝙣𝙜𝙠𝙖 𝙠𝙚 𝘼𝙡𝙡𝙖𝙝. Jadi hati-hati dengan pikiran atau prasangka kita. Maka ms Juli langsung deh bilang mbak, mas jangan mudah berkata susah atau hal yang negatif, karena itu adalah doa. Boleh tanya deh ke siswa ms Juli dimanapun. Yakin, ucapan adalah doa. 

Jadi kalau ada siswa saat belajar bilang susah atau hal negatif, ms Juli langsung bilang 𝙄𝙩𝙪 𝙟𝙖𝙙𝙞 𝘿𝙊𝘼 𝙡𝙤𝙝 𝙣𝙖𝙠 ... Wah mereka segera dengan cepat mengucapkan istighfar atau maaf. Ya selalu ms ajari bagaimana cara menghapus pikiran negatif agar jangan jadi kenyataan. 

Ilmu, kemampuan, apalagi pelajaran wabil khusus (hihi) 𝐌𝐚𝐭𝐞𝐦𝐚𝐭𝐢𝐤𝐚, itu pasti berproses. Bukan ujug-ujug langsung sulap BISA, cling seketika mudah, nggaklah. Nikmati dan kerjakan saja prosesnya. Jangan pernah takut salah, karena dengan salah kita jadi tahu mana yang benar. Profesor saja buat hebat, Juara untuk jadi pemenang, berproses melalui belajar dan berlatih bukan? 

Akhirnya? 𝐇𝐀𝐒𝐈𝐋 𝐓𝐀𝐊𝐊𝐀𝐍 𝐌𝐄𝐍𝐆𝐇𝐈𝐀𝐍𝐀𝐓𝐈 𝐏𝐑𝐎𝐒𝐄𝐒𝐍𝐘𝐀. Setuju? Manteman ...
Bahagia itu sederhana, ketika kita menikmati hasil setelah berproses ...

#kelasmenulisdarinol
#nurulamanahpublishing
#misjuli
#tantanganmenulissetiaphari

Posting Komentar

7 Komentar

  1. setujuuu banget ms, sepakaaat. 𝙆𝙞𝙩𝙖 𝙖𝙙𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙖𝙥𝙖 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙠𝙞𝙩𝙖 𝙥𝙞𝙠𝙞𝙧𝙠𝙖𝙣, hasil nggak akan mengkhianati proses :D
    semua perkataan yang keluar dari mulut adalah doa, makanya suka hati2 banget kl ngomong sama murid2, sayangnya pandemi gini jadi nggak pernah interaksi tatap muka dengan anak2. *eh curhat mss, maap, wkwkw

    BalasHapus
  2. Terima kasih sdh mngingatkan Ms Juli. Benar sekali bhwa kita hrs optimis dan sabar thdp proses, insya Alloh hasil tak akan mngkhianati usaha.

    BalasHapus
  3. Jadi saat akan mencoba sesuatu harus positif kan pikiran ya, agar berjalan dengan baik

    BalasHapus
  4. Setuju banget nih Miss.
    Anak-anakku juga dari kecil udah kubiasain tuk menikmati proses, jangan dikit-dikit bilang susah lah, gak bisa, karena kalau bilang susah atau gak bisa jadi akan mudah nyerah dan terkabul deh beneran jadi susahnya.

    BalasHapus
  5. Bener banget mbaa, tugas otak dan fisik kita adalah ikhtiar maksimal karena Allah yang nyuruh gitu. Semoga hati juga terlatih melakukan tugasnya untuk menerima hasil akhir dengan rela apapun yang Allah tetapkan terlepas dari jatuh bangun proses yang kita lakukan :)

    BalasHapus
  6. Mbak, ini aku kok kalau buka via HP tulisannya jadi banyak kotak-kotaknya ya? Ini kayanya efek HP jadul nih. 🙈

    Tapi aku setuju sih. Hasil memang tidak akan menghianati proses.

    BalasHapus
  7. Kadang proses itu yang bikin nggak sabaran. Padahal sebenarnya dalam proses itu banyak ilmu yang dapat kita ambil, di luar yang sedang kita pelajari. Pokoknya harus berpikir bisa dulu ya, tapi harus mau menjalani prosesnya.

    BalasHapus