Sehari Menjadi Mentor di Training SR

Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar manteman semua? 😊😊

Jawab dalam hati ya karena groupnya masih terkunci 😊😊😊

Semoga di Hari Ahad ini diberi kesehatan, rezeki berlimpah dan berbahagia dapat berkumpul dengan keluarga di rumah

Seperti yang sudah saya informasikan tadi siang bahwa, saya adalah moderator untuk Materi Success Reseller pada malam ini.

Perlu kenalan lagi??🀩

Saya adalah Lina Khresna boleh save kontak saya 
Untuk kenal lebih, boleh japri saja🀭
Perkenalan cukup sekian yaa.

Saatnya kita berkenalan dengan Pemateri malam ini. Yaitu Mis Juli

Saat ini Beliau berbisnis Penerbitan Publishing (NAP) dan Herbal Kesehatan CUMENG (cuka mengkudu) Vinonny. Juga sebagai Founder Nurul Amanah Publishing (NAP) bersama suaminya Umarullah.  Dan masih banyak lagi kegiatan bisnis beliau. Untuk lebih kenal lagi, baiknya kita langsung saja berkenalan dengan beliau yaa.

Assalamualaikum wr.wb
Mis Juli⁩,  apa kabar?
Kesibukan sekarang apa nih, Mbak?
Silakan Perkenalan diri dulu ya, Mbak😊😊

Bismillahirrahmanirrahim, 
Assalamualaikum wr wb,
Apa kabar manteman SR semua malam ini? Doanya dalam sehat dan bahagia yaa. InshaAllah. 

Terima kasih di SR ini saya diperkenankan naik kelas, dari peserta di batch 1 kemudian naik jadi komandan mulai batch 2-8 ini, dan sekarang jadi pengisi untuk berbagi sharing pengalaman. Terima kasih mbak Lina Khresna selaku momod cantik yang sudah memandu saya sampai selesai nanti. 

Perkenalkan saya Juli Dwi Susanti, M.Pd.  Seorang guru, dosen Matematika yang sangat menyukai menulis, membaca, dan dunia bisnis ... Selama ini lebih dikenal dan membranding diri dengan panggilan Ms Juli. Boleh, ya ... (boleeeeeh, Alhamdulillah banyak suara terdengar. Terimakasiiih).🀭😍

Kenapa sih dipanggil ms Juli? Karena, selain dulu pernah mengajar di sekolah Global, dimana bapak dan ibu gurunya dipanggil mis-mister, mis Juli juga nyaman dengan panggilan dan membahasakan diri. Mulai 2005-2006 peralihan sekolah Global, sampai akhirnya ms Juli terdampar di sekolah terakhir mengabdi, di SMK Yadika 13. Maunya sampai pensiun di situ saja nggak pindah-pindah lagi. Soalnya dekat dan nyaman mengajar anak Produktif atau Otomotif yang sering banyak dipercayakan untuk membina siswa.

Ms Juli juga adalah personal Branding yang terbangun di dunia menulis 

Di kalangan komunitas penulis, editor, blogger, dan penerbitan indie, alhamdulillah ms Juli sudah dikenal walau baru tiga tahun belakangan ini merintis dunia bisnis jasa kepenulisan. 

Di SR juga saking kelamaannya jadi komandan, alhamdulillah banyak dapat teman dan saudara di sini. Alhamdulillah, tapi ngomong-ngomong ada yang belum kenal ms Juli? Hayuk lah cuzz ke 

FB: https://www.facebook.com/juli.dwisusanti
IG: 
https://www.instagram.com/julidwisusanti
https://www.instagram.com/misjuli71
https://www.instagram.com/cumengku

Kita kenalan yaa, biar tambah saudara dan teman di dunia medsos kita. Buat ms Juli 1000 teman itu belum cukup, 1 musuh terlalu banyak. Ms Juli tunggu ya 10 menit

Lina Kresna SR: Itu tadi perkenalan dari Pemateri kita ya. Baik, untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita sambut  Ms Juli untuk menyampaikan Materi dengan Tema:
"Menulis itu Mudah Buat Reseller Tanpa Mati Gaya"
Waktu dan tempat saya sediakan Mbak, silakan🎀🎀🎀🎀🎀🎀

Mis Juli: 🎀🎀 saya tangkap lagi ya mbak he he terimakasih mbak @⁨Lina Kresna SR⁩

Alhamdulillah banyak yang japri ms Juli sampai ada yang sudah kenal juga menyapa say hello ... Kangen katanya dikomandanin ms Juli uhuk ...

Boleh ya ms Juli cerita dulu sejarah kenapa sih jadi guru, penulis dan pebisnis sekaligus. 

Ms Juli sudah menjadi guru sejak 1990, lamaa ya? Pasti nebak-nebak emang umur berapeeee (tuh kan Betawinya keluar, mentang-mentang punya suami dari sana sekarang) 

Ha ha, gini ms Juli sejak kelas X Alhamdulillah pertama kali seneng pelajaran matematika karena gurunya menginspirasi banget. Namanya pak Sinaga orang yang berhasil merubah mindset saya bahwa matematika itu susah. (Pasti banyak yang bilang, emang susah sampai sekarang hihi itu kata anak murid dan mahasiswa ms Juli juga) 

Setelah ulangan 3 kali berturut-turut dapat nilai 100 akhirnya saya dijadikan asisten beliau untuk membantu teman-teman yang kesulitan, nah sampai kelas XII dikenal sebagai asisten guru istilahnya tutor teman sebaya. Ternyata ini membawa takdir saya masuk ke IPB pendidikan Matematika melalui jalur PMDK dan menjadikan ms Juli guru sampai hari ini. 

Setelah th 1994 CPNS di SMPN Kapahiang Bengkulu. Tapi, papah mamah nggak ngijinin untuk terus mengabdi di sana, jadilah mengajar di swasta sampai sekarang.

Sebelumnya, ms Juli sejak SD juga seneng nulis di buku diari, ayo siapa yang suka juga? Berarti kita seumuran yaa? He he 
Ketika SMA kelas X juga alhamdulillah tulisan saya pertama kali (walau nggak ngerti cara nulis yang benar, karena belum dapat ilmunya) dimuat di koran bertiras besar SUARA PEMBAHARUAN sekarang namanya (Memihak Kebenaran). 

Seneng? Banget, sampai novelis terkenal NH Dini suport saya untuk maju dan berkembang, dengan honor 17rb namanya anak SMA senang dong saat itu th 1987. 

Tapi sayang karena saudara-saudara ms Juli sering ngeledekin, karena pada usil buka-buka diari akhirnya semangat menulis menguap entah kemana, malu soalnya diari kan tempat segalanya. Ya ide nulis, curhat pribadi hhhhh tahu kaaan?

Baru kembali menulis setelah th 2007 pertama kali mengenal FB karena jadi wakasis (wk kepsek bid kesiswaan). Di situ kesukaan menulis kembali bangkit, apalagi saat jadi kepsek sering dimintai meresume sekolah, mengevaluasi guru, sampai wajib bikin laporan hasil Diklat atau training pendidikan untuk guru dan kepsek, di SD Putradarma Global School. 

Baru ms Juli bikin blog, awalnya namanya belum pake branding. Baru mulai 2015 memantapkan diri menitipkan jejak branding nama seiring perubahan sekolah menjadi global. Dulu masih gratisan sekarang alhamdulillah setelah menang nulis dapat hosting gratis setahun, dan rencana akan terus berbayar. 

Kalau mau baca-baca boleh, banyak artikel.bermanfaat seperti parenting, cerpen, puisi, review produk, aneka tulisan  dan sebagainya. Main-main ya ke sini yang sudah ada blog kita berteman saling blog walking yaa.  Sudah ada sekitar hampir 600 tulisan yang sudah tertoreh sejak 2015 - sekarang. 

https://www.misjuli.com

Alhamdulillah kata teman, siswa, dan pembaca pada umumnya sekarang tulisan ms Juli enak dibaca he😍. Padahal tahu nggak manteman? Semua itu karena berproses untuk bisa. Ala bisa karena biasa. Akhirnya ms Juli menemukan quote atau moto (kalau dulu). Menulislah seperti bercerita, mengalir

Kita semua kalau bercerita asyiik kan? Nah kira-kira seperti itu. Juga berprinsip menulis itu adalah sedekah, membagikan motivasi, informasi, inspirasi, dan kreasi. Masalah mau dibaca atau nggak, dilike or not, mau pada koment apa tidak, jangan dipikirkan. Selalu percaya, setiap tulisan itu pasti ada pembacanya, dan begitu juga produk pasti ada pembelinya. 

Yakinlah, tugas kita kan hanya usaha, ikhtiar, masalah hasil? Biar Allah yang menggerakkan pembaca atau pembeli sebagai wasilah rezeki kita. Alhamdulillah dengan tanpa beban itu setiap postingan umumnya dilike, koment, bahkan untuk motivasi banyak yang share.
Ini adalah contoh tulisan terakhir kolaborasi.

Tulisan tentang apa? Macam-macam motivasi, inspirasi, muhasabah, parenting dan masih banyak lagi. Tapi, no politik yaaa🀭

Lalu, apa hubungannya dengan materi kita malam ini? Ada, InshaAllah ... 

Menulis itu penting buat seorang reseller atau pebisnis. Wong buat penulis saja harus bisa jualan, apalagi yang jualan? Harus bisa nulis! Untuk apa? Bagaimana kita bisa mengedukasi produk yang bermanfaat ke konsumen, dengan bahasa yang bisa sampai ke pembeli. 

Sekarang bagaimana bisa mengedukasi, menginformasi? Wong pebisnis, reseller saja nggak tahu tulisannya itu bisa terbaca jelas atau nggak informasinya? Nggak ramah editor! Maksudnya? Kalau banyak typo, singkatan, atau langsung njualin. Tanpa menjelaskan dan mengedukasi manfaatnya terlebih dahulu, ...  

Bagaimana konsumen, pembaca, target market menangkap pesan yang akan kita sampaikan. Betul atau betul?

Pebisnis, reseller itu, pasti bisa nulis, mengapa? Karena kekuatan bisnis online sekarang adalah di status, postingan, dan tulisan. Sejak th 2015 ms Juli sudah terjun sebagai pebisnis. Bisnis yang utama adalah jasa kepenulisan. Sebagai penulis web conten, artikel produk pesanan, review produk, dan editor. 

Nah bisnis yang mengantar ms Juli ke SR ini adalah CUMENG minuman herbal kesehatan,  kepanjangan dari cuka mengkudu. Buat ngebranding produk ini ms Juli sampai batch 8 saja masih terus mengedukasi dan mengenalkan. Nggak bosan cerita melalui status. Mulai dari dari manfaat hingga ke hasilnya. Sampai bikin jargon yang dikenal dengan istilah "CUMENG-in" aza ... 

Dan kata anak murid,  brand ambassador CUMENG. Jadi kalau ngajar ada yang berulah, anak-anak langsung bilang "CUMENG-in aza, mis" he he
Selanjutnya sebagai buzzer produk yang tugasnya nyetatus dibayar, atau dapat endors ms Juli harus nyetatus. Bisa juga bikin postingan di blog. Nah, dari situ banyak pelajaran yang bisa diambil, ketika melakukan tugas-tugas itu. Menulis ituu, 

1. Nggak butuh bakat apalagi susah
2. Nggak mati gaya kehabisan ide asal tahu trik nya, mau tahu? Apa mau banget? 

Cara yang sudah ms Juli lakukan adalah: 

1. Menulis itu sedekah. 
Niatkan seperti itu, kenapa? Dengan niat sedekah kita sudah siap apapun hasilnya. Yang penting usaha, ikhtiar, setelah itu tawakal. Masalah hasil kita tawakalkan pada Allah. Karena sesungguhnya yang menggerakkan pembaca atau pembeli adalah Allah semata. Bukan wilayah kita. 

Jadi kalau nggak dilike, dikoment, atau ada yang membeli, jangan sakit hati ya. Kuatin dulu niatnya.

2. Catat kegiatan atau hal penting kegiatan nyetatus kita. 

Coba deh, Emak tuliskan 10 kegiatan mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi. Biasanya kalau ms Juli suruh nulis bisa lebih dari 10. Contoh: 
a. Bangun tidur tidak lupa bersyukur dan beribadah
b. Kerempongan di pagi hari
c. Menyiapkan bekal makanan anak dan suami berangkat. 
.
.
.
dan seterusnya. 

Nah, dari situ kita bisa mengaitkan ke status kita, apalagi kalau memang produknya pas banget. Bikin jadi story' atau cerita saat nyetatus, sehingga kita nggak akan pernah kehabisan bahan status atau promo.

Dari 10 ide saja baik keadaan senang, sedih, galau, biasa saja. Bisa loh dijadikan status yang juga mengarah ke produk kita. Jadiii jangan jadi curhat yaa, enakkan status jualan ga bakal dibuli bahkan dikepoin. 

Contoh: 
Pagi ini si adek bungsu sedih banget mau berangkat kerja, karena si neng Mpus dari semalam diam saja. Rupanya dia lagi luka kupingnya, dan sempat berdarah. Maklum kucing kampung. Kalau ngelayap kemana saja, belum ngerti disayang keluarga ini. Ms Juli inget masih ada CUMENG spray, lebih praktis tinggal semprot saja. Biasanya kalau gatel, brutusan, jerawatan disemprot saja sudah mengering lukanya. Wajar dong kalau luka diabetes bisa disembuhkan juga. Alhamdulillah bungsuku tenang lagi setelah semprot langsung berangkat kerja.

Gampang kaaaan?  Nanti di akhir sesi ms mau kasih chalenge aaah buat peserta 😘🀭😍

3. Terus menulis setiap hari di manapun

Biasanya kita cuma nyetatus hanya Senin atau Jumat. Ada juga yang nyetatus kalau lagi ada waktu. Sebaiknya walau hanya 1-2 kalimat teruslah nyetatus. Jangan berhenti. Apalagi kalau ada doa, motivasi, ataupun informasi di luar produk. Selain sebagai personal branding, juga untuk mencuri perhatian pembaca. 

Alhamdulillah buat informasi. Awalnya nggak ngerti bikin status di WA, baru 2 tahun ke belakang aktif. Setelah diminta dan diajarin suami baru tahu. Alhamdulillah, pembeli pun banyak dari status WA. Kok bisa? Karena ternyata mereka adalah umumnya yang suka ngintip status-status ms Juli. Mulai dari siswa, rekan guru, teman komunitas, rekan training, tetangga, sampai atasan di sekolah ayeee. Padahal ms Juli nggak pernah sempat ngintipin status mereka loh. 
Jadi terus menulis ya, manteman.


4. Usahakan status diedit sebelum di-posting

Jadi jangan asal share misalnya dari grup jualan atau lainnya. Mengapa? Kadang dari share sering kita dapati, tulisan disingkat dan banyak typo. 

Atau walaupun kita terburu-buru usahakan jangan menyingkat tulisan, cek dulu. Namanya jempol suka kegedean akhirnya typo deh he he. Ms Juli suka sebel kalau lihat postingan yang begitu, greget dan gemez, akhirnya males buat tanya-tanya. Begitu juga kalau mau BC (broadcast) atau dapat BC. Cek dulu. Selain menghindari hoaks juga mengecek tulisan. 

Alhamdulillah sejak 2015 ms Juli berusaha tertib menulis tanpa typo dan singkatan. Sehingga apapun yang disampaikan enak dibaca dan diterima, bonusnya banyak yang kepo dong.

5. Rajin ikut training berbayar atau gratis, yang ada chalengenya. 

Seperti SR ini, kita setiap hari dikasih tugas nyetatus promo pribadi dengan dua kata kunci. Hal ini sangat bermanfaat sekali. Selain membuat kita nggak kehabisan ide menulis, juga menambah wawasan dan skill menulis. Kalau ini sudah terbiasa, wah cuma 2 kata kunci bisa 3-4 paragraf bahkan lebih kita menulis. 

Makanya, pada betah kan di SR ... Ye kaan! Cung ngaku! He he ngomong-ngomong sudah ngedate belum buat batch 9? Ms Juli saja betah masa manteman nggak hee

Mumpung masih earlybird jangan lupa amanin seat dulu. Soalnya semakin ke sini batchnya semakin menarik niih colek ah momodku mbak @⁨Lina Kresna SR⁩.

Di akhir sesi ini ms Juli mau kasih chalenge ke manteman semua. Bikin status tentang materi dari ms Juli malam ini di SR, terus kaitkan dengan produk yang mbak mas punya. Minimal 3 paragraf yaaa jangan lupa tag ms Juli di FB, kasih hastag 
#menulisitumudah, 
#sayaSR8 
#misjuli yaa. 

Ada 2 pemenang yang akan mendapat GA give away dari chalenge ini. Setuju? Paling lambat Senin pagi yaa. Nanti pemenang diumumkan di auditorium ini lewat mbak @⁨Lina Kresna SR⁩
Nah demikian yang bisa ms Juli sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi. Sekiranya ada yang salah itu dari saya pribadi, maafkan yaaaa. Kalau ada yang benar itu pasti karena Allah yang menuntun lisan seorang ms Juli. Doa ms Juli emak semua, semakin laris manis, berlimpah closingan, dan omset semakin meningkat. Karenaaa, nulis status nya sudah oke mau pake gaya apaaa saja. Wokeh? 

Ms Juli kembalikan kepada mbak momod @⁨Lina Kresna SR⁩  kembali. Terima kasih. Assalamualaikum wr wb. 

Lina Kresna SR: Alhamdulilah materi dari Ms Juli sudah selesai.
keren materinya mbak
Semoga ada insight dari materi malam ini.😊

Berikutnya kita langsung ke sesi Tanya Jawab ya. Manteman bisa kirim pertanyaan dengan format:

Nama:
Pertanyaan:
Kirim ke wa saya yaa. 

Nanti pemateri kita akan menjawab pertanyaan dari manteman satu persatu ya..☺️☺️

Wah ada kejutan dari mbak @⁨Mis Juli⁩ nih.. dimanfaatin ya siapa tahu dapat hadiahnya☺️☺️. 

Lina Kresna SR: Baik, saya akan share beberapa pertanyaan terpilih ya Mantemen.

Berikut adalah beberapa pertanyaan terpilih yang akan dijawab oleh Mbak Juli

Pertanyaan 1
Nama: Aprilia
Pertanyaan: 
*Bagaimana tips menulis agar terasa ngalir, tidak membosankan dan menarik pembacanya?* Terima kasihπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

Mis Juli: Terimakasih mbak Aprilia salam kenal. Tulisan langsung asyik itu bukan nggak mungkin, tapi melewati proses itu pasti.  Pengalaman ms Juli kalau nulis itu nggak beban, seperti bercerita saja tapi ujungnya ada yang ingin disampaikan. Dan itu harus dibiasakan, tanpa beban. Jangan memikirkan like, koment, percaya setiap tulisan pasti ada pembacanya. Ms juli percaya itu

Lina Kresna SR: Pertanyaan 2

Nama: Siti Masruroh
Pertanyaan:
Menulis itu adalah bakat, gimana caranya orang yang bakat jualan tapi dia susah untuk membuat promosi lewat tulisan?

Mis Juli: Hai mbak Siti Masruroh? Apa kabar? Menurut ms Juli, menulis itu mudah dan nggak butuh bakat. Butuhnya apa? Kemauan. Ala bisa karena biasa. Jadi biasa saja terus menulis, dengan catatan jangan beban berharap banyak. Tugas kita hanya usaha, hasil? Biar Allah gerakkan para pembaca seperti menggerakkan pembeli atas produk kita. Hanya usaha yang terus itu adalah rajin nyetatus, baik motivasi, inspirasi, informasi dan lainnya, rajin ikut SR karenaaa tugas promo produk pake Thema kita jadi dilatih menulis dengan dua kata kunci dan dikaitkan dengan produk kita.

Lina Kresna SR: *Pertanyaan 3*

Nama: Lina
Pertanyaan:
Bagaimana untuk menulis konten kuliner di berbagai lini? Apa ada pembeda?

Kalau ada apa yang sebagai pembeda untuk menulis kontennya?

Mis Juli: Terima kasih mbak Lina. Untuk menulis konten kuliner biasanya yang diangkat adalah kekuatan gambar, kedua cerita alasan mengapa harus memilih produk kuliner kita dari sisi kelebihan tentu ada cita rasa di situ, testimoni, berbahan dasar apa saja, dan harga. Pembedanya biasanya (kalau ms Juli ya) di gambar. Biasanya saya akan meminta gambar produk dari angel yang berbeda menarik, kalau kata-kata minimal 200-300 kata nggak usah banyak lebay. 

Ibarat kita nunjukin tempat makan bakso yang baru, enak, berkualitas, tapi sudah mencicipi pasti kekuatannya berbeda dengan yang belum pernah makan. Biasanya siiih kalau produk barang atau makanan ms Juli suruh tester duluu #ngarep🀭

Lina Kresna SR: Pertanyaan 4

Nama: Dyah
Pertanyaan: 
Ms Juli lebih suka dikonsep dulu atau langsung spontan di FB?
Tema-tema apa yang menarik untuk status di FB?

Mis Juli: Hai mbak Dyah salam kenal. Seringnya spontan mbak, tapi buat yang belajar boleh dikonsep dulu yaa dinote. Keuntungannya kalau signal jelek masih punya cadangan.  Buat Emak-emak semodel kita senengnya cerita harian update seperti berkomunikasi, parenting, kuliner, info ilmu atau training, info kesehatan, skincare, dan masih banyak lagi tergantung kesukaan masing-masing dan sudut pandangnya. Itu hanya umumnya saja

Lina Kresna SR: *Pertanyaan 5*

Nama: *Fatolah*
Pertanyaan: 
Kenapa ya miss kalau saya bikin status pribadi katakanlah galau πŸ™ˆ itu lebih banyak yang respon, dari pada status jualan. Yang Baru rame kalau sudah masuk oloc? Terimakasih 

Mis Juli: Benar, karena kalau di ilmu Copywriting galau itu adalah suasana yang bisa diangkat sesuai dengan keadaan dan keseharian Emak, apalagi kalau kita cerita sambil lebay dan sedikit baper ala Emak. Tapi tujuannya bukan buat curhat pribadi yaa, manfaatin nyangkut ke produk njual tipis-tipis ujungnya. 

Oloc rame itu sebenernya untuk menaikkan branding kita saja mbak. Bisa jadi dia nggak baca karena tunggu waktu. Positif thingking saja. 

Lina Kresna SR: *Pertanyaan 6*

Nama : Didit Widayanti
Pertanyaan : 
Salam kenal ms juli. Bagaimana menulis yang di status yang paling disukai pembaca status. Tentu bukan status jualan kan. Nah gimana trik menyelipkan status covert nya?

Mis Juli: Salam kenal mbak Didit. Sebenernya status kita apapun bisa loh dikaitkan dengan covertnya. Karena covert itu adalah memberikan informasi sekilas. Bisa tentang keuntungannya, bisa manfaatnya, bisa alasan nemuin produk itu, atau apa saja bisa diangkat sambil bercerita. Orang kalau sudah bercerita itu bisa deeeh nyamber kemana-mana tuuuh he he secara ms Juli kan juga Emak, pengalaman pribadi.

Mis Juli: Alhamdulillah karena sudah larut malam, kita cukupkan saja ya mbak, kalau masih ada pertanyaan susulan, yuk kita mojok di bawah pohon yang rindang #eaaaa

Mis Juli: Terima kasih buat manteman peserta SR yang sudah antusias baik japri, add pertemanan, maupun yang langsung nulis chalenge nya loh saking semangatnya.

Intinya, menulis itu mudah, nggak ada yang susah apalagi nunggu bakat. Nggak perlu. Yang diperlukan hanyalah kemauan saja. Maaalahnya, mau apa nggak itu saja. Pelari juga buat jadi juara nggak bisa langsung kok, kalau ditelusuri pasti sejak kecil dia sudah berlatih lari sampai dewasanya dan menjelang lomba lebih intens lagi. Jangan pernah takut salah karena dengan salah kita jadi tahu mana yang benar aaammmiin yra

Demikian dari saya seorang ms Juli amit mundur. Wassalamu'alaikum wr wb

Ijin info yang langsung ngerjain tugas linknya japri ms Juli yaa πŸ™

#SayaSR
#SR8komandankelas3

Posting Komentar

0 Komentar