Ada 15 Pesan yang akan ditinggalkan Covid-19 yang segera akan pergi, InshaAllah. Mulai hari ini sampai 15 hari kedepan, akan ms Juli coba tuliskan satu demi satu. 

Allah memberikan kita makanan dan minuman yang bertebaran di muka bumi ini dengan segala aturannya yang jelas. Makanlah yang  menyehatkan lagi Halal. Karena yang halal itu sudah pasti sehat, tapi sebaliknya. Sehat belum tentu halal. 

Sebagaimana Allah SWT berfirman, yang artinya:
“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (QS. Al- Maidah ayat 88).

Contohnya, manakala kita mengambil sesuatu makanan atau minuman dengan alasan kesehatan, tapi dari sisi kehalalannya tidak ada bahkan cenderung dilarang atau diharamkan.  

Biasanya makanan dan minuman yang haram ini akan memberikan pengaruh yang buruk terhadap tubuh jika dikonsumsi. Bahkan banyak yang mengakibatkan kamu terserang penyakit.(  Oleh Husnul Abdi pada 15 Des 2019,    liputan6) 

Sementara kita tahu bahwa awal mulanya virus  Corona mulai marak muncul setelah binatang binatang, liar, buas dan kelelawar dibantai dengan kasar atau dibakar hidup-hidup lalu dimakan dengan bangganya oleh mereka yang merasa makanan di bumi ini terasa kurang. Sehingga makanan yang bukan peruntukkannya pun masih dimakan juga. 

Sebagaimana yang dijelaskan pada Al- Qur’an Surat Al- Maidah ayat 3, yang artinya:

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.”

Untuk itu, setelah Covid-19 ini berakhir, mari kembali kepada aturan Allah yang sesungguhnya baik untuk manusia itu sendiri. Makanan yang bukan peruntukannya untuk manusia, janganlah kita langgar dan makan. Bumi kita begitu kaya dan berlimpah makanan halal untuk manusia, bukan untuk sesama hewan. Apalagi hewan liar dengan kriteria yang dilarang, marilah tinggalkan. 

Cerdas dan kreatif bukan berarti melanggar, tapi bagaimana makanan dan minuman itu justru bisa kita jaga dan tingkatkan ketersediaan serta keseimbangan nya. Bukan begitu, sahabat? 

#dayone
#pesancintacovid19
#makanandanminumanyangdiharamkan