Saresehan Pendidikan Menuju Jabar Juara Di Era Revolusi Industri 4.0



Setelah mengikuti Virtual Coordinator Training (VCT)  Batch-2 sebagai peserta dan batch-3 sebagai instruktur, hari ini Pak Gatot Hari Prawirowirjanto mengumpulkan peserta dan instruktur dalam satu pertemuan khusus.

Siapa pak Gatot yang lebih dikenal dengan pak GHP? Beliau adalah penggagas VCT ini yang merupakan Direktur Sekretarian Seameo dan SEAMOLEC. Apa itu SEAMEO dan SEAMOLEC? 




SEAMEO adalah singkatan dari South Asean Minister Education Organization. Organisasi yang dibentuk oleh seluruh Menteri Pendidikan yang ada dinegara-negara ASEAN. SEAMEO berdiri pada tahun 1965 dengan tujuan untuk membangun kerja sama dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan pada wilayah tersebut, dimana sekretariatnya berpusat di Bangkok (sumber:google)

SEAMOLEC adalah sebuah institusi yang bernaung dibawah Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se Asia Tenggara yang bertanggung jawab untuk mengembangkan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh di Asia Tenggara.

SEAMOLEC berpusat di Indonesia dan bekerjsama dengan Departemen Pendidikan Nasional, khususnya institusi yang menyelenggarakan PJJ maupun institusai pendukung program. Alamat lengkap dari SEAMOLEC adalah: Kompleks Universitas Terbuka Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang 15418 PO BOX 59/CPA Ciputat 15401, Jakarta, Indonesia Tlp. (62-21) 7422184, 7423725, 7424154 Fax. (62-21) 7422276 Informasi lebih detail, silakan membuka http://www.seamolec.org (sumber: google)

Apa itu VCT? Sebuah training yang dirancang secara online untuk melatih guru memiliki skill atau kemampuan  menggunakan ICT (Information and Communication Technologies) atau dikenal dengan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam melengkapi pembelajaran di kelas. Bekerja sama dengan Kemendikbud yang membawahi kami guru-guru di seluruh Indonesia



Seiring dengan kemajuan teknologi dan munculnya generasi milenial yang lahir dan sudah terpapar teknologi sejak dalam kandungan ibunya. Sebagai guru dituntut untuk mengupdate dan mengupgrade ilmu dan pengajaran sesuai zaman milenial saat ini. Terlebih tuntutan kurikulum 2013 lebih tepat bila KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di kelas dilengkapi dengan pembelajaran menggunakan TIK.

Bentuk Indonesia sebagai negara kepulauan yang luas dan tersebar, tentu membutuhkan energi yang tidak sedikit untuk meningkatkan mutu dan kualitas guru di seluruh Indonesia. Dengan memberikan pelatihan berupa VCT inilah diharapkan mampu melatih dalam jumlah banyak secara daring atau online. Kendala waktu dan biaya juga dapat dipangkas sedemikian kecil.

Kisah perjalanan ms Juli menjadi peserta VCT pada batch-2 bisa dibaca di sini:


Nah di batch-3 ini Allah ijinkan ms Juli menjadi instruktur yang memandu peserta terutama di Jawa Barat umumnya dan Kabupaten Bekasi pada khususnya. Berbekal pengalaman menjadi peserta pada batch-2 sebelumnya. Sempat deg-degan soalnya sambil memeluk kesibukan yang luarrr biasa endesnya.

Tapi Alhamdulillah Allah mengijinkan ms Juli bisa melewati detik-detik nya membimbing peserta yang jumlahnya hampir 22 di KCD (Kantor Cabang Dinas) 22 wilayah Jabar-1 dibawah koordinator bapak Subhan Harri. Sertifikat senilai 60 jam dan surat tugaspun Alhamdulillah dapat digenggam sesudahnya untuk portofolio.

Memang tidak mudah, tapi bukan tidak bisa. Dengan kesabaran dan bekal pengalaman menjadi peserta pun ms Juli tularkan untuk menyemangati rekan-rekan peserta di grup kecil yang kupimpin. Sayang, kemauan dan kesabaran peserta tidak semua tumbuh. Dari 22 peserta yang benar-benar berjuang sampai akhir tugas hanya 7 peserta. Enam perempuan dan 1 laki-laki, berhasil menyelesaikan tugas sebagai host, moderator, dan presenter masing-masing sebanyak dua kali. Lalu merekapun berhasil mendapatkan sertifikat kelulusan senilai 39 jam belajar.





Itu kenapa kopdar yang dibumbui seminar pembelajaran yang digagas oleh pak GHP disambut antusias oleh peserta dan instruktur terpilih. Bertempat di Dinas Pendidikan TIKOM Bandung.  Sebanyak 200 peserta offline (tatap muka sebagai peserta dan Instruktur)  dan 700 pendaftar online, serta 14 sekolah penyelenggara paralel.
Acara ini  diisi oleh para narasumber expert, seperti Dr Ir. Dewi Sartika M.Si (Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat), Dr. Gatot Hari Priowirjanto, Dr Indrawati (Dir. SEAQIS), Pak Zulham (Deputy Dir. SEAMEO Biotrop), Pak Fajar (SEAMOLEC), Dr. Enni Soerjati SH., MH, dan tim Virtual Coordinator Jawa Barat. Keren kan?

Banyak materi-materi bagus yang dipaparkan oleh para narasumber ekspert tersebut di atas seperti:

1. Implementasi Pembentukan Karakter di Industri 4,0
2. Ekonomi Digital dalam  Industri 4,0
3. Implementasi STEM (Sains Teknologi, Engineering dan Matematika)  di Indonesia
4. Peningkatan Kualitas Pendidik Melalui Program Kordinator Virtual
5. Aplikasi Kantong Tugas peserta VCT

Asyik-asyik kan? Materinya daging semua sayang kalau dilewatkan. Siapa bilang guru nggak belajar, justru guru zaman now dituntut untuk mampu mengimbangi teknologi daring atau online saat ini tanpa meninggalkan kewajiban utama di offline.

Untuk acara bertajuk Saresehan Pendidikan Menuju Jabar Juara Di Era Revolusi Industri 4.0 ini, kami yang hadir diganjar sertifikat yang ditandatangani oleh kepala dinas pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Pak GHP. Bangga sekaligus bahagia karena bisa bertemu langsung dengan teman-teman guru peserta dan instruktur yang selama ini hanya berkomunikasi via aplikasi WEBEX dan WAG. Menambah silaturahmi dan koneksi yang tak ternilai oleh apapun.




Terimakasih ya Allah, semoga ms Juli terus menjadi pembelajar seumur hidup demi pendidikan Indonesia lebih maju, anak bangsa, dan bekal untuk nanti pulang jika Allah memanggil.

#virtualcoordinatortraining
#gurudanperempuampembelajar
#seameo
#seamolec

Posting Komentar

67 Komentar

  1. Barakallah, semangat Mis... Insya Allah niat ikhlas karena Allah akan membuahkan hasil yang positif. Terua sehat Mis, biar bisa menebar manfaat yang banyak.

    BalasHapus
  2. setuju banget dengan kalimat ini "Sebagai guru dituntut untuk mengupdate dan mengupgrade ilmu dan pengajaran sesuai zaman milenial saat ini" jadi pendidikan anak-anak kita tidak ketinggalan zaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sesuai hadist mengajarlah sesuai zamannya

      Hapus
  3. Betul banget miss, revolusi industri 4.0 menuntut hampir semua aspek kehidupan menjadi terintegrasi dgn teknologi berbasis digital terlebih bidang pendidikan, semangat selalu ya miss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak memang seharusnya begitu

      Hapus
  4. Sekarang segalanya serba digital dan digalakkan kelas jauh (e-learning). Walaupun demikian tugas guru semakin berat, karena akhlak dan etika tetap harus ditanamkan. Semangat Mis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar PR terbesar adalah Akhlakul Karimah karankter building

      Hapus
  5. Keren misjuli. Berhasil bergabung dengan seamolec merupakab sebuah keuntungan. Saya belum nyoba yang virtual coordinator ini, saya baru nyoba research grants dari seameo qitep in language. Semoga makin sukses ya mba juli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Dewi Alhamdulillah dimanapun sukses berkarya

      Hapus
  6. Makin keren dan inspiratif nih miss. Semoga lain kali semangat para peserta bisa makin tumbuh dan antusias yah mis biar mis juga makin semangat ngajarnya. Bener gak? Sukses terus miss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak Mega aamiiin aamiiin yra

      Hapus
  7. Selalu keren deh Miss, jadi guru milenial panutan nih. Selalu aktif dan produktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yra mbak Mira hanya berusaha amanah

      Hapus
  8. Selamat ya missjuli, semangat mendidik putra purti indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yra mbak inshaallah semoga selalu tetap amanah doanya yaa

      Hapus
  9. Aamiin. Masyaalllah. Barakallah bun semoga bekal menjadi guru menjadi ilmu yang bermanfaat yang terus mengalir. Aamiin. Sukses terus bun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yra terimakasih inshaallah inshaallah mbak

      Hapus
  10. MasyaAllah ... Semakin giat belajar dan berbagi. Jaga kesehatan ya, Miss. InsyaAllah ilmu-ilmunya pasti bermanfaat. Barakallah ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin yra inshaallah inshaallah terimakasih

      Hapus
  11. Semangat Miss! Semakin banyak belajar, semakin humble dan kaya ilmu dunia akhirat. Semoga next ilmunya bisa dibagikan pada anak murid dan generasi muda bangsa ini. Ganbatte!!

    BalasHapus
  12. Amin, semoga keikhlasannya mengajar membawa kebaikan bagi anak -anak didik dan orang orang di sekitar Miss Juli, hebat skrg makin canggih dan harus update ilmu terus ya Miss Juli... Semoga lancar semua program2nya...

    BalasHapus
  13. Miss juli makin keren nih, semoga selalu semangat berbagi yang dipelajari. Sukses selalu miss

    BalasHapus
  14. Untuk mendidik siswa menjadi siswa yang cerdas berkarakter dan berwawasan luas, maka diperlukan guru yang berkarakter dan berwawasan luas pula...pendidik memang harus banyak belajar, semangat, mbak...

    BalasHapus
  15. semangat terus mis Juli..alhamdulillah terus berkarya dan bermanfaat bagi semua anak didiknya...

    BalasHapus
  16. Miss Juli gak capek-capek ya, ada aja inovasinya. Semoga lancar dan berkah serta manfaat ya Miss. Demi generasi bangsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yra inshaallah inshaallah semoga

      Hapus
  17. Salut dengan semangat Mis Juli untuk selalu menjadi pembelajar.
    Sukses terus ya Mis. Moga sukses buat semua persiapan menuju Jabar Juara di Era Revolusi Industri 4.0. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak Nanik inshaallah harus terus belajar

      Hapus
  18. Baarakallahu fiikum untuk Miss Juli dan segenap pemateri yg telah berbagi ilmu dan semangat. Betul, para guru pun harus meng-upgrade kemampuan mengajar berbasis TIK karena murid-murid generasi milenial dan generasi Z pasti perlu 'sentuhan' khusus. Semoga Jabar Juara benar-benar terwujud, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak aamiin yra terimakasih doanya

      Hapus
  19. Barakallah, sukses untuk amanahnya. Semoga upayanya dapat mempercepat mimpi.Jabar Juara di bidang pendidikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inshaallah terimakasih mbak aamiiin yra

      Hapus
  20. Keren bund. Semoga ilmunya bisa berkah bagi generasi milenial

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak aamiin yra inshaallah inshaallah

      Hapus
  21. Selamat Mis Juli, anda kereeen sekaliii... semangat update sebagai pendidik bagi generasi millenial :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak inshaallah inshaallah

      Hapus
  22. Aih keren sangat Miss Juli. Memang guru itu pahlawan tanpa tanda jasa. Saya masih belum ada bayangan apa itu Era Revolusi Industri 4.0, tapi setelah baca-baca beberapa tulisan mulai ada gambaran.

    Sukses terus ya miss Juli. Semoga dimudahkan dalam mendidik penerus bangsa ini, karena dari tangan merekalah Indonesia yang beradab akan tercipta dan dipandang dunia ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin terimakasih mbak inshaallah dukungan dan doanya yaa

      Hapus
  23. Masya Allah, keren mis Juli...semangat terus..semoga selalu bermanfaat bagi orang lain. Pekerjaan menjadi seorang pendidik memang merupakan pekerjaan mulia...

    BalasHapus
  24. Barakallahu fiik
    Setuju sekali. Sebagai pendidik hrs trs meng upgrade diri, krn ilmu pengetahuan tdk terbatas. Jd guru milenial aaasssshiiaaaap hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak harus selalu ashiaaap always

      Hapus
  25. Keren mbak, semangat selalu mbak..jadi pendidik yang tak ketinggalan jaman dan mendidik dengan segenap hati..aamiin

    BalasHapus
  26. Jadi pingin tahu apa isi materinya hihi

    BalasHapus
  27. Keren nih acaranya. Semoga guru-guru tidak ada yang gaptek dan siap menghadapi era revolusi industri, kualitasnya semakin baik agar bisa membimbing anak di sekolah dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAmiin insyaallah terimakasih mbak doanya ya

      Hapus
  28. Insha Allah mbak, kami yang sadar bahwa mengajar sesuai zaman MILENIAL harus menguatkan diri kami mbak

    BalasHapus
  29. Bener banget nih ms Juli, guru memang dituntut harus mengupdate dan mengupgrade ilmu dan pengajaran sesuai zaman milenial. Ah, jadi ingat masa2 saya sewaktu masih kerja sebagai guru dan beberapa kali sempat ikut pelatihan IT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren dong kenapa nggak dilanjutkan mbak?

      Hapus
  30. Saya jadi rindu acara macam begini mbak, sangat berdaging dan bikin jadi semangat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Bedanya kalau miss Julie ni guru matematika saya guru bahasa Inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah keren guru apapun udah cakep itu mbak niatnya

      Hapus
  31. Saking pentingnya melek digital sampai guru2 pun ada pengajaran kurikulumnya ya mom. Keren deh miss julie ngajar matematika tapi sudah melek teknologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus mbak inshaallah anak-anak tidak akan tertinggal dari bangsa lain

      Hapus
  32. Semangat terus ya ms julie, Niat yang sangat mulia untuk mencerdaskan anak anak di indonesia. Semoga tetap sehat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAmiin inshaalah doanya terimakaksih yaa

      Hapus
  33. Baru tahu ada SEAMOE. Bacanya belibet mba jadi inget penyanyi favorit ku SEAMO. Hehe
    Acaranya keren mba, guru memang pengajar namun bukan berarti berhenti untuk tidak belajar ya, mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he terimakaksih mbakkuh aamiin sukses untuk kita ya

      Hapus
  34. Ketje banget ya mba agendanya, semangat terus Mba Juli semoga kedepannya makin sukses dan terus menjadi pendidik yang setia mengabdikan ilmu. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaammiin yra inshaallah semangaat mbak selalu terimakasih

      Hapus