Hatiku Bukan Pualam


Takkan pecah walau penuh hentakan
Takkan rapuh walau ujian permasalahan menerpa
Takkan pudar semangat tanpa dukungan
Mengeras tanpa mengabaikan segala perasaan

Dentuman dan terpaan silih berganti
Bermesraan menghimpit keadaan
Mengoyak dinding ketaqwaan merusak amalan
Melempar tatanan sosial kebanggaan manusia

Hatiku bukan pualam
Bertahan menjejak menyeringai nestapa
Menanti buah kesabaran menjanjikan
Dalam hamparan sajadah panjang yang terkadang dilupakan

Allahku memahami
Tiap bulir kesedihan menjauhkan keadaan
Namun takkan membuat berpaling
Melupakan segala keajaiban

Karena, hatiku bukan pualam

Bekasi, 5 Maret 2019.

Posting Komentar

48 Komentar

  1. Masya Allah, indah nian puisinya. Ini yang aku suka dari puisi, singkat, padat, dan maknanya dapet banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak Alhamdulillah terimakasih sudah mampir

      Hapus
  2. Keren. Sy paling tidak bisa buat puisi tapi hanya sebagai penikmat saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya menorehkan kegelisahan agar lebih tercurah positif mbak

      Hapus
  3. MasyaAllah miss bagus banget indah semua kata-kata puitisnya. Dalem kayaknya maknanya miss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak ini yang dikatakan puisi absurd dalam makna tanpa kebaperan

      Hapus
  4. Dalem bener puisinya Mis..Keren euy!
    Saya jadi ingat juga judul film tahun 80-an, Hatiku Bukan Pualam, Roy Marten dan Yenni Rachman yang main..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ide itu tercetus saat merasakan hatiku hampir pecah karena permasalahan

      Hapus
  5. Kirain judul film, hehehe. Keren lho, Mis bisa bikin puisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak Alhamdulillah terimakasih sudah mampir

      Hapus
  6. Buat aku, seseorang yg bisa nulis puisi itu keren banget. Mikirnya lebih² dari rumus matematika.
    Bikin lagi Mis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiiiih matematika dan puisi itu bagai mata uang yang saling melekat satu sama lain

      Hapus
  7. Judulnya baguuus. Bait-baitnya menyentuh banget, nih.
    Apalagi menyertakan Allah di dalamnya, ya. Nice :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak, kupersembahkan pada Allah

      Hapus
  8. Mantul mba...puisinya ngena banged. Syukaa bacanya. Meski saya blm bisa berpuisi, hihi...sukses yaa...

    BalasHapus
  9. Mantul Mis Juli. ��
    Karena hatiku memang bukan pualam.
    Tak mudah retak, tak mudah pudar, pun tak mudah rapuh.
    Mengeras tanpa mengabaikan perasaan.
    Hihi ... syukaa.

    BalasHapus
  10. Duh, hati ku bukan pualam, baca yang begini bisa tersentuh terenyuh, ^^

    BalasHapus
  11. saye syukaa.. saye syukaaa.. saye syukaaaa..

    BalasHapus
  12. Bagus puisinya, tapi saran saja nih dari saya kalau dipadatkan lagi akan jauh lebih bagus :) terus berkarya ya

    BalasHapus
  13. Allah selalu ada untuk kita dalam kondisi apa pun. Terkadang manusialah yang melupakan Sang Pencipta. Tapi kita dalam keadaan apa pun harus tetap mengingat-Nya.

    BalasHapus
  14. wow keren mbak puisinya, jadi ingat film roman picisan..susunan kata dalam puisi tuh menghanyutkan..lanjutkan mbak, mantap dah

    BalasHapus
  15. Saya suka judulnya mbak, Hatiku Bukan Pualam. Zaman dulu ada film yg pakai kata "pualam" juga, tapi saya lupa apa lengkapnya :)

    BalasHapus
  16. Kok pada pinter bikin puisi siiy
    Ak ndak bisa.. Bisanya baca doang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari kecil berangkatnya lewat puisi mbak

      Hapus
  17. Sudah lama sekali nggak bikin puisi, Mbak. Bagus puisinya masya Allah. Pengen bikin lagi tapi kayaknya belum dikerjain karena ngejar yang lain..hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puisi adalah ajang rinduku padaNya mbak

      Hapus
  18. Keren dalam juga makna puisinya.

    BalasHapus
  19. Puisinya bagus...
    Mengingatkan kita sebagai manusia punya batas2 dan kekurangan. Allah lah sebaik2 pelindung dan penolong🤗. Sukses selalu Mbak

    BalasHapus
  20. Puisinya indah sekali mba saat dihayati. Menarik banget buat disimak sekaligus meresapi bahwa hanya Allah ka tempat kita kembali

    BalasHapus
  21. Maaf syaa Allaah, puisinya indah sekali Mbak. Saya sukaa dengan setiap baitnya. Begitu menyentuh. Sungguh! Terima kasih sudah buat puisi seindah ini dengan makna yang begitu dalam. Jadi reminder juga buat diri saya pribadi.

    BalasHapus
  22. Masya Allah, puisinya bagus mbak. Saya gak bisa bikin puisi, cuma suka baca puisi orang lain. Jadi kadang penasaran, gimana proses kreatif pembuatan puisi itu, hehe..
    Mantap mbak, terus semangat bikin puisi2 lain yang menginspirasi banyak orang. Makasih.

    BalasHapus