Konsep Mudah Berhitung Matematika Anak dengan Kerja Otak



Judul : Berhitung Dengan Cara Yang Benar (Matematika 1) Untuk SD dan MI
Penulis : Supriyadi dan Juli Dwi Susanti
Tahun terbit : Desember 2017
Penerbit : CV. Putri Aging Mandiri
Distributor Tunggal: Nurul Amanah Publishing
Jumlah halaman : 167
ISBN : 978-602-51183-1-9 (jil.1)

Berhitung Semudah Menulis

Kemampuan anak dalam berhitung dasar sangat ditunjang oleh kemampuan mengingat hasil dari penjumlahan dasar dalam menjumlah dan mengurang. Dua kemampuan pokok sebagai pondasi awal berhitung dasar dengan konsep. (Blurb, tulisan di belakang cover)
Berawal dari ketertarikan bapak Supriyadi selaku guru bimbel Matematika dan Kimia mengembangkan teknik cara berhitung ditinjau dari fungsi dan cara kerja otak. "Berhitung Seperti Menulis" dihadirkan sebagai bentuk jawaban, bagaimana cara berhitung yang telah disesuaikan dengan fungsi dan cara kerja otak dalam berhitung. Memiliki sifat umum, stabil, dan proses yang jelas sehingga dapat menjadi bahan pengajaran di sekolah dasar.  (Diambil dari biografi penulis hal 163)

Menggunakan basis sepuluh atau pasangan bilangan, bagaimana ananda dengan konsep dasar seperti ini akan mudah memahami menjumlah dan mengurangi dengan gampang. Dengan bantuan alat peraga kontekstual dan berwarna, sebagai konsep dasar awal yang akan terekam dalam otaknya sampai dewasa dan menarik untuk siswa berlatih  secara mandiri.  (Hal 25)

Berkolaborasi bersama Ms Juli Dwi Susanti seorang guru dan dosen matematika, yang sudah hampir tiga puluh tahun mengajar, prihatin dengan pengalaman mengajar mulai dari kelas SD hingga perguruan tinggi. Ternyata berhitung masih menjadi momok bagi hampir sebagian besar peserta didik. Selain buku Narasumber yang kurang memenuhi keingintahuan peserta didik, guru, serta orang tua peduli pendidikan.  Buku sumber yang bukan hanya sekedar berisi teori saja, tapi bagaimana mampu mengembangkan kemampuan siswa secara nyata dengan lebih banyak berlatih. (Diambil dari biografi penulis hal 165)

Buku ini begitu mudah dibaca oleh siapapun, siswa, guru, tutor, atau orang tua peduli pendidikan. Dengan kata lain seluruh stakeholder pendidikan. Ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami siapapun, bahkan seorang anak kelas 1 SD sekalipun walaupun tanpa pemandu. Namun, bila ada orang tua atau guru sebagai pembimbing, akan lebih baik lagi.
Lebih banyak praktek dan soal-soal latihan yang lebih banyak, dengan ful warna dan gambar ciri khas anak usia dasar yang suka bermain. Membuat anak akan menyukai untuk terus membaca dan berlatih.

Dibuat dengan mengacu kurikulum pemerintah yang berlaku, namun tidak meninggalkan konsep dasar yang ingin dikembangkan. Terdiri dari  delapan bab selama dua semester, sehingga selain bisa sebagai buku penunjang, buku ini juga dapat dipakai menjadi buku pegangan utama di sekolah. Contoh dan latihan soal dibuat secara kontekstual, artinya sesuai dengan kehidupan sehari-hari dalam lingkungan belajar. Evaluasi belajar setiap akhir seme
ster (hal 98) dan Penilaian Akhir Semester yang mudah dipahami siapapun. Menantang untuk dipelajari.

Buku ini baik untuk direkomendasikan bagi siswa kelas dasar atau untuk memperbaiki berhitung siswa kelas tinggi yang terlanjur kurang pondasinya. Diharapkan mampu memperbaiki kekurangan tersebut. Menurut penulis, buku ini pernah diuji cobakan pada siswa kelas 11 SMK dimana tempat penulis mengabdi, untuk mengatasi kesulitan berhitung siswa yang pondasi berhitungnya kurang.



Buku ini bisa didapat dengan mudah dengan menghubungi distributor tunggal di WA 081398511932

#resensibuku
#nurulamanahpublishing

Posting Komentar

22 Komentar

  1. Wah ini buku karya Mis Juli yaaa..
    Salut!
    Membantu sekali pasti sebagai solusi kesulitan berhitung pada siswa di tingkat dasar.

    BalasHapus
  2. Barakallah Mbak juli, karyanya sangat bermanfaat. Sepertinya bagus disalurkan ke sekolah2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak masih mencari jalan ke sana, sementara lewat workshop dulu inih he he

      Hapus
  3. Penasaran. Ini metodenua pake alat nggak ya?ato bisa pale jari tangan gitu. Saya masih belom paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alat peraga hanya alat sementara, targetnya adalah terkonsep dengan sendiri nya di kepala anak sampai dewasa mbak. Tidak ada hitung mundur atau maju yang justru selama ini bikin bingung anak

      Hapus
  4. Mis Juli keren banget ada metode seperti ini, semoga banyak manfaat bagi anak-anak agar makin pandai berhitung dan suka matematika��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin doanya begitu hanya ingin bisa berbagi dengan anak-anak Indonesia saja mbak

      Hapus
  5. Bagus banget ini metodenya..saya ingin sekali merubah mindset tentang matematika itu sulit krna dari SD sampe kuliah saya bener2 gak bisa paham akan soal hitungan ketimbang hapalan mbak.. seperti phobia matematika haha

    BalasHapus
  6. Wah keren banget Mis Juli. Selamat atas bukunya. Jadi penasaran pengen tahu bukunya seperti apa. Terus direview deh. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inshaallah sangat rekomended untuk siapapun yang ingin belajar berhitung mudah

      Hapus
  7. Keren bukunya, sangat membantu buat saya yang punya anak masih usia SD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak ayuk dikoleksi buat belajar dan mbelajarin

      Hapus
  8. Jika matematika dibuat menarik, tentu tak ada lagi anak yang takut sama matematika. Buku yang bagus, Miss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak saingan kita adalah dunia Maya yang mampu mewarnai hati anak dengan ilusi . . .

      Hapus
  9. Bener banget, Mis. Berhitung masih jadi momok bagi sebagian murid.
    Saya pun dulu mengalaminya sehingga jadi kurang suka pelajaran matematika. Baru terasa saat kuliah, liat teman ambil jurusan keguruan Mat kok keren, gitu.
    Baarakallah untuk buku barunya ini, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih buuun aamiin semoga bisa jadi pengabdiankuh

      Hapus
  10. Buku favorit kak Sasa. Dia jadi tambah suka berhitung setelah baca buku ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terimakasiiiiih mbak Eny

      Hapus