Stemit.com


Kalau Emak sebagai orangtua selalu dengan mudah memberi pertolongan kepada anak, sesungguhnya kita sudah berkontribusi untuk membuatnya gagal berkembang. Mengapa?

Karena anak tidak pernah dilatih dan diberi kesempatan  untuk belajar mengatasi setiap permasalahan yang terjadi. Dan anakpun dalam alam sadarnya tidak ada keinginan kuat untuk berpikir dan berkembang, karena ada "malaikat penolong" nya yang setiap saat bersedia menolongnya. 

Lupa, bahwa emak tidak selamanya kuat, sehat daaaaaan Hidup terus bersamanya. Semua orangtua pada dasarnya sayang anak, tapi sayang sekarang? Atau nanti? Karena bagaimana jika kemandirian tidak hadir sementara usia itu rahasia Allah?

Menyiapkan anak sejak dini untuk mandiri adalah demi kebaikan orang tua itu sendiri. Melihat mereka mampu melakukan sendiri tanpa bantuan saat kita repot atau jauh dari orang tua adalah satu kebanggaan tersendiri.

Memang bukan hal mudah, instan, dan harus dilakukan secara terus menerus tanpa kenal lelah. Tapi, percayalah jika itu dilakukan dengan ikhlas dan yakin mereka bisa, kita pasti akan mendapatkan hasil yang membanggakan mereka di saat dan waktu yang tepat.

Dengan memberi kepercayaan dan mengajaknya berdiskusi, berbicara tujuan melatih mereka mandiri, bisa membuat anak justru lebih bersemangat dan ingin menunjukkan kemampuan itu.


Kesalahan itu pasti selalu ada. Namun dengan kerjasama yang baik, pemberian hukuman dan hadiah, memberikan pujian saat anak bisa melakukan kemandirian,  percayalah. Hasil tidak akan menghianati usaha kita mendidik mereka. Jangan pernah lelah dan teruslah menjadi suporter terbesar kemandirian anak, karena itu sangat bermanfaat, dibutuhkan oleh anak kita ke depan.

#edisiparentingkemandirian

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community'.