Hadiah Keikhlasan untuk Dewi . .

Nggak seremkan bacanya , tapiiii buat saya bikin merinding bacanya he he . Bayangkan keikhlasan seorang Dewi Kusmianti dari Bandung yang kini lebih dikenal sebagai penggiat Lingkungan Hidup , yang saya sempat loh nonton acaranya di Tupperware She Can mbak Shahnaz Haque . Ternyata hadiah Allah atas keikhlasannya terus berlanjut , satu persatu mulai di tuai oleh beliau.

Dan saya perlu menceritakan disini sebagai motivasi untuk saya sendiri dan juga siswa/ mahasiswa saya . Arti sebuah keikhlasan ditempatkan pada makna sebenarnya itu amatlah sulit dan berat untuk kita manusia menjalankan . Terlebih bila dihadapkan dengan masalah kesulitan hidup, bila kita mau dan bertekat menjalankan dengan sebenarnya makna , hadiah Allah pun luar biasa .

Saya yakin sudah banyak yang menceritakan atau menulis biografinya ,dan saya juga tidak akan berlama lama bercerita ini . Singkatnya bahwa beliau yang dulu hidupnya susah dan menggelandang tak punya tempat tinggal dengan suami dan 3 anaknya yang juga sakit karena faktor kemiskinan , akhirnya mengikhlaskan dirinya dan keluarga untuk mengurusi sampah Bandung waktu itu . Walau dirinya sendiri amatlah sulit , tapi itulah , seorang Dewi berfikir kalau ini jadi akhir hidupnya dengan kesulitan hidup , beliau tetap ikhlas mengurus anak anaknya yang sakit dan suami yang merasa belum memberikan kebahagiaan yang layak untuk dirinya .

Total mengiklaskan dirinya juga untuk berkubang dan mengurusi sampah . Mengangkat dan membersihkan sampah Bandung tanpa pamrih , dimana orang lainpun belum tentu mau mengurusi sampahnya sendiri  . Seringkali kulihat anak didikku kalau habis kumpul dan nongkrong bersama pasti meninggalkan sampah . Tapiiii sampainya sendiri saja tidak mau mengangkat, gimana ga ngomel aduuuuuh" indonesia banget " sih trade mark omonganku keluar deh. 

Itu kenapa aku salut, dan yang bikin aku kagum luar biasa sekali , kini sampah telah mengangkat bu Dewi dan keluarganya memberikan kehormatan atas kejelasannya , namun yang kulihat tetap bersahaya . . .dengan kesederhanaannya luar biasa , beliau mulai sibuk , baik sebagai pembicara sampai diundang untuk dimintai tanggapan tentang lingkungan hidup. Bahkan untuk program Indonesia mengajar beliau juga pernah loh dilibatkan luar biasa . Buah keikhlasan yang kini beliau terima sebagai hadiah . .  Yang kutahu ikhlas itu mudah diucapkan namun sulit dalam kenyataannya


Posting Komentar

6 Komentar