Pedagogik Guru ? Penting nggak Sich . . . .


Guru juga memang manusia . . .dan manusiawi . Yang memiliki seribu perasaan dan hati yang sama dengan semua manusia yang ada di bumi ini . Tidak ada yang istimewa dari hati dan tampilan  guru dimata manusia lainnya . Hanya yang membedakan adalah . . .begitu sudah menasbihkan dirinya untuk menjadi seorang guru maka segala ucapan , tindakan atau perbuatannya itu menjadi contoh baik atau buruknya siswanya . Seharusnya menjadi contoh yang baik

Namun kelebihan guru saat memilih profesi ini terkadang tanpa disertai pedagogik atau didaktik . Yaitu kemampuan mendidik . Beda dengan mengajar saya yakin semua bisa mengajar ,tapi belum tentu mampu mendidik . Tapi kalau bisa mendidik insyaallah mampu mengajar . Karena mendidik itu dimanapun dan kapanpun dalam situasi apapun . Tetap selalu berfikir dia adalah pendidik . Segala ucapan, tingkah dan perbuatannya sebagai pendidik akan selalu dididik dan ditiru .

Tanpa bermaksud menggurui . Terkadang sedih bila profesi guru hanya dimaknai bisa mengajar , tapi belum dimaknai bisa mendidik . Sehingga kepincangan dalam pendidikan karakter sering terjadi .dan selalu terjadi . Sehingga tidak aneh , guru kencing berdiri murid kencing berlari . Terlebih guru siswa siswi kita bukan hanyalah kita di sekolah . . .tetapi juga internet, sinetron TV  ataupun film film yang mudah diakses dengan bebasnya . Kelak kedepan tidak akan ada batas antara guru dan murid. . .bahkan ruangan sekalipun . Jarak yang sedemikian jauh pun akan dimaknai dekat menggunakan online . Siswa di indonesia guru di amerika juga memungkinkan dan sudah terjadi . Tantangan kita bukanlah sesama rekan guru di sekolah . .tetapi justru yang menjadi guru diluar bagi siswa siswi . 

Saya disini berbicara sebagai sama sama pendidik . Yang juga punya keterbatasan kelemahan dan kekurangan, namun sebagai pendidik  , takkan berhenti tugas kita sebagai motivator, edukator dan mediator antara siswa kita dan kesuksesan menjemput masa depan yang lebih baik . Tugas dan PR bersama bagaimana mendidik siswa kita dalam menghadapi tantangan dunia kedepan .

Menjadi bagian masyarakat dunia yang siap dengan kemampuan dan life skill . Yang mumpuni . Bukan hanya sekedar teori tapi betul betul  dipraktekkan dalam kehidupan sehari hari . Dan itu dimulai dari input pertama siswa tersebut menjadi bagian masyarakat sekolah . Dan itu menjadi modal bagaimana ananda akan memetik ilmu dari para guru yang mau tulus ikhlas memberikan ilmunya dengan disertai ilmu didaktik . Soo . . .Pentingkan mengajar itu menguasai ilmu didaktik atau Pedagogik ? 

Posting Komentar

34 Komentar

  1. Ricky Almahenrah X TKJ 1

    BalasHapus
  2. Arlingga Prayudana
    X TKJ 3

    BalasHapus
  3. angelina ayu aningtias
    X TKJ 1

    BalasHapus
  4. Muhamad Akbar Putra
    X TKJ 2

    BalasHapus
  5. NAMA:REZA NING PERDANA
    KLS:X TKR 3

    BalasHapus
  6. Nama : LAODE ALAFANDI .A
    Kelas : X.TKR.3

    BalasHapus
  7. Nama:randi ramdani
    kelas:X.TKR.3

    BalasHapus
  8. Eka Cahyaning Wulan
    XII AP2

    BalasHapus
  9. Eka Cahyaning Wulan
    XII AP2

    BalasHapus
  10. lisa tri saputri sihombing
    XII AP2

    BalasHapus