Sehat itu Utama , Bonus lain. . . Mauuuu !!



Jam 12 siang , hpku bergetar saat aku masih menyelesaikan tugas mengajarku di kelas terakhir X TKJ-2 di SMK tempatku mengabdi . Kulirik anak anak sedang asyik berdiskusi dengan kelompoknya untuk mengerjakan persiapan bahan presentasi matematika semester ini . Ya minggu pertama masuk ini aku baru mengkondisikan kelas , selain anak anak yang ternyata masih ada yang masih menginginkan bonus libur , juga karena sistem pembelajaran semester 2 ini aku rencananya akan kurubah menjadi presentasi dengan melibatkan keaktifan siswa . Karena dengan keputusan sekolahku untuk terus memilih Kurtilas berarti semester 2 ini ada 6 bab yang harus tersampaikan . Sedangkan semester ganjil kemarin juga masih ada 2 bab yang belum tersampaikan juga . Dengan acara dan kegiatan di SMKku yang cukup padat juga tugas pendampingan kesekolah sekolah sasaran cukup menyita waktu . Padahal aku sudah menggunakan infocus sebagai alat presentasiku . Matematika kan tidak sama dengan pelajaran lain , tidak bisa diajak ngebut , lihat keadaan siswanya juga .


Kubuka Hpku , tersama sebuah sms dari adikku Rinta . Subhanallah ada rasa syukur dalam hatiku . Ya sejak kelahiran putra ke - 3 nya adikku terkena kista , yang membuatnya sering mengalami pendarahan hebat saat haid . Atau sering merasakan sakit diperanakan rahimnya . Kami 5 bersaudara , aku nomer 2 tetapi karena kakak perempuanku di Lampung, otomatis aku jadi yang pertama disini . Ya kami semua sudah menikah dan kebanyakan tinggal di Bekasi , orang tua kami sudah tidak ada dua duanya . Adikku yang laki laki no 4 tinggal di Cibarusah dan yang bungsu no 5 tinggal di Babelan . Sedangkan adik perempuanku no 3 tinggal didekatku tidak jauh sekitar 2 km dari tempat tinggalku . Namun karena kesibukan masing masing kami jarang bertemu walau dekat .


Tapi aku tahu , fisik adikku memang sejak kecil lemah sekali mudah sakit . Sehingga terbawa hingga dewasanya begini juga lumayan rentan . Terlebih ke 3 putra putrinya lahir dengan Operasi Caesar . Dengan tubuhnya yang semakin besar cukup kasihan aku melihat keadaan fisiknya . Keponakankanku yang laki laki memang sangat tidak bisa diam . Sangat hyperaktif penuh gerakan . kasihan adikku , mamanya , tidak mampu menghadapi keadaan itu . Aku sering melihat dia harus menggendong putranya , sehingga akhirnya merasakan nyeri dibagian bawah perutnya .


Ketika tahu dokter mengatakan ada kista dirahimnya , adikku takut sekali operasi kista . Setelah konsultasi dan sharing denganku , aku menasehatinya untuk melepaskan rasa takut itu dan jangan dijadikan sebagai beban. Penyakit kalau semakin dipikir biasanya akan semakin tambah . Mulailah berfikir enjoy dan lepaskan bebanmu . Seberat apapun yang penting ikhlas dijalani , kataku . Aku juga menyarankan untuk mencoba lari ke herbal bila memang tidak mau operasi kista . Ayo dek , anak anakmu kan sudah besar , ingat sulungmu sudah beranjak remaja . Semangaat !! kataku berkali kali . Gadisnya sudah mulai kelas 1 SMP , lagi sedang sedangnya , kebetulan aku cukup dekat juga dengan keponakanku ini . Maklum aku tidak punya anak gadis , cukup terhibur dia mau dekat dan menyayangiku budenya .


Adikku ini cukup gemuk . Aku menasehatinya , ayo dek mulai dikurangi dengan cara sehat . Maklum emak emak, kalau menyuapi anak anaknya dan tidak habis dengan alasan sayang akhirnya pindah ke perutnya . Kasihankan , biasanya seiring bertambahnya lemak , penyakit juga rentan . Makanya aku terus menyemangatinya untuk menurunkan berat badannya , karena dia juga sudah merasakan dengkulnya terasa sakit karena sudah tidak mampu menopang berat tubuhnya . Aku tidak hanya sekedar bicara , sudah 2 tahun ini sejak meninggalnya almarhum suamiku , aku dan anak anak memang saling menyemangati untuk merubah pola hidup dan makan sehat . Alhamdulillah sudah mulai menunjukkan hasil 15 kg lebih aku turun dengan cara lebih banyak mengkonsumsi buah , makan siang saja dan mengganti makan malam dengan banyak mengkonsumsi air putih yang banyak. Terutama air hangat setengah panas he he .


Makanya itu yang sedang kukompori ke adikku . Maksudnya aku panas panasi , tuh dek anak anakku sudah pada turun , begitu juga aku . Ayo sehat bersama . Jangan mikirin langsing , sehat dulu tujuannya . Kalo bisa langsing itu bonuslah . Liburan Desember kemarin juga aku mengajak ponakanku dan adikku untuk berkaraoke atau sekedar jalan agar dia jangan terlalu berat memikirkan penyakitnya . Eh keponakanku ketagihan , budeee nanti nyanyi lagi yaa temenin kakak , begitu dia membahasakan dirinya . Wkwkwkwk , dan adikku pun juga mulai menikmati . Kulihat hidupnya mulai bersemangat , dan obat herbalnya juga masih rajin diminumnya . Dan sms siang ini adalah buah semangatnya , subhanallah . Dia juga janji akan mengikuti jejakku untuk lebih sering minum air hangat dari pada minum dingin. Tahu kaaan , kalau habis makan yang berlemak kalau minum air dingin lemaknya jadi tambah susah mencair dari tubuh ya kaaan . Itu konsepku , jadi alhamdulillah kalau BB ku semakin berkurang sedikit demi sedikit . Cara murah he he. Yang jelas lebih mudah memindahkan lemak sepiring ke isi perut , dari pada memindahkan lemak dari badan kita keluar dan pergi . . .Semoga adikku bisa mengikuti segera langkahku , amiiin yra.


Griya Tambun , 8 Januari 2015


Posting Komentar

0 Komentar