JADI GURU TUH , BAHAGIANYA DISINI NIIIIIIIIIIICH !! ( 5-Selesai )

Artinya secapek dan sesulit apapun , aku sangat menikmati peran itu . Suamiku sampai terucap menyesal karena melarang aku mengajar dan mengambil CPNS ku dahulu . Ah sudahlah yah , Allah juga yang mensetting perjalanan hidupku ini . Aku ambil saja hikmahnya . Setelah aku menyelesaikan studi S-1 ku yang sempat tertunda sejak lulus 1993 dulu dan baru kuselesaikan 2007 semakin membuka jalan ku dalam menemukan passionku terhadap dunia pendidikan . Job demi job yang berhubungan dengan dunia pendidikan mulai terbuka . Anehnya , dengan kegiatan mengajar dan privat yang padat bahkan pernah aku pulang kerumah hingga pukul 11 malam , aku sangat enjoy . Tidak pernah mengeluh capek , jarang sakit . Suamiku juga sangat sport , karena memang nyata nyata keuangan keluarga mulai membaik dimulai saat aku menjalani lagi profesiku ini . Aku bangga sekali menjadi guru .

Add caption
(Kenangan saat pengangkatan CPNS 1994 Ke SMPN 5 Kapahiang Bengkulu )

Lepas dari SD November 2010 , aku sempat berpindah pindah kesekolah sekolah Dasar swasta . Mulai dari yang kecil hingga yang besar , mulai dari SDIT sampai sekolah umum . Hingga aku bermuara di SMK hingga sekarang ini . Dan yang tidak aku lupa , karena hubungan baikku dengan pengawas UPTD tempatku mengajar pertama sepulang dari Semarang , aku mendapat kesempatan menjadi Dosen Matematika yang mengantarkanku menjadi Dosen juga di UT tutorial UPBJJ . Padahal aku belum menyelesaikan studi S-2ku . Ya aku segera mengambil S-2 ku karena tidak ingin membuang waktu , juga untuk menyemangati anak anak kandungku sendiri .

Add caption
                                                Kenangan Saat Menjadi Kepala Sekolah

Aku juga aktif disebuah organisasi guru IGI yang membuat kompetensi dan keahlianku terus bertambah . Kesempatan untuk mengenal IT dan terus belajar kudapat dari organisasi ini . Dimana aku duduk sebagai ketua harian yang membawahi daerah kabupaten kotamadya Bekasi . Disini , keinginanku menulis kembali terasah dan terpicu . Walau sudah sempat buka blog saat menjadi kepala sekolah , tapi yang benar benar aktif ya saat bersama organisasi ini . Hingga tak terasa 5 tahun sudah organisasi ini usianya . Saat di Kemendikbud kemarin merayakan ultahnya yang ke 5 november 2014 , aku ikut hadir menyaksikan dan ikut berdiskusi dengan mas Anis Bawesdan yang sebelumnya sempat menjadi dewan Pembina IGI . Aku bangga sekali , bertemu dengan lebih dari 100 guru guru hebat dan kreatif dari seluruh Indonesia .

Add caption

10 tahun kemudian setelah aku mengajar 15 Januari 2013 , suamiku meninggal karena sakit . Tapi semangat dan passionku tidak berkurang bahkan lebih terpacu lagi . Aku memang tidak ingin larut dalam kesedihan dan kesepian kehilangan seorang pendamping disisiku . Anak anak ku sangat membutuhkan aku , masa depan mereka masih panjang . Ya aku hanya guru dan dosen , tapi alhamdullah bisa mengantarkan anak anakku meneyelesaikan SMAnya bahkan sulung sudah semester 6 kini , yang nomer 2 menyusul Mei nanti karena ingin cari pengalaman kerja dahulu setelah lulus dari SMK Telkom jurusan Multimedia .


Aku juga menyelesaikan studiku S-2 yang sempat terhenti di UMJ karena biaya habis untuk sakit hingga meninggalnya almarhum suamiku . Kini aku melanjutkan lagi ke Indraprasta jurusan Pendidikan MIPA , supaya lebih linier . Kalau ke matematika di UNJ , aku tidak sanggup biayanya harus berbagi dengan seolah anak anakku . Insyaallah 2016 ini aku bisa selesai . Sehingga biayanya bisa untuk anak anakku yang lain . Hhhhhhhh , hela nafas rasa syukur berkali kali malam ini terucap dari bibirku .

Add caption
( Saat menjadi Pendamping Kurikulum 2013 tingkat Cluster untuk 13 SMK Kabupaten Bekasi )

Entah ide dari mana aku ingin sekali menumpahkan rasa dan pengalamanku menuju dan menjadi seorang guru . Bahagia dan bangganya aku sudah melewati mulai kurijulum GBPP 1999 , KBK 2003 , KTSP 2006 dan 2008 , hingga yang penuh kontroversi Kurikulum 2013 atau dikenal Kurtilas . Bahkan aku menjalani diklat berkali kali selama hampir 4 semester ini , menjadi guru pendamping , hingga saat ini. Karena SMKku ditunjuk sebagai sekolah Clusster. Nikmat Allah mana lagi yang harus kupungkiri ? Terus terang , ibadahku memang belum sempurna , tapi aku selalu mengajak anak murid hingga mahasiswaku bersyukur , juga refleksiku sebagai guru . Aku memang dikenal idealis , kritis dan sangat disiplin . Aku tahu , dibelakangku anak anak SMKku kadang suka meniru kata kataku yang selalu mengatakan “ kamu Indonesia banget sih mbak / mas . Bila mereka melakukan sikap sikap kurang terpuji yang sering kukatakan sebagai bagian karakter Indonesia yang jelek . Entah bentuk indisiplin , kecurangan , atau kemalasan saat belajar .

Add caption
Add caption
Add caption

Add caption

Bahkan soal kebersihan dan kerapihan sebagai bagian dari mengajar yang nyaman dan kesiapan mereka akan menjemput sukses belajar dimulai aku selalu cerewet dan jadi harga mati untu seorang aku “ Mis Juli “ begitu mereka memanggilku dan aku membahasakan diriku . Kebiasaan waktu aku mengajar di SD Global dahulu . Dari kelas 10 sampai kelas 12 SMk jurusan apapun di SMK ku , kalau melihatku dari jauh pasti sudah menghindar kalau yang merasa tidak disiplin . Terutama laki laki yang bajunya dikeluarkan apalagi tidak memakai gesper atau ikat pinggang . Aku suka geli sendiri , tapi baguslah itu artinya mereka menyadari kerapihan itu penting .

Add caption

Tak terasa 6 lembar F 4 sudah tertulis malam ini sejak pukul 19 tadi ideku muncul . Saat ini pukul 11.26 , Ah tak terasa . aku memang tidak ingin berhenti jika keinginanku menulis sedang menggila . Aku benci harus menunda nunda , pasti tidak akan selesai .Yang penting tanggung jawabku sudah kupenuhi . Kebetulan hari ini kampus libur kesempatan aku untuk menyelesaikan tugas tugasku yang lain . Tugas kuliahku juga sudah kuselesaikan semua saat libur tanggal 25 Desember dan tanggal 01 Januari kemarin. Keuntunganku , aku tidak ada suami jadi banyak waktu luang yang kuisi dengan kegiatan positif .

Awal tulisan tentang guru ini , adalah bermula saat muridku mbak Putri Theresia siswa kelas 3 SMA 01 BONLAP Kab Bekasi , yang sejak kelas 5 SD sampai kelas 2 SMA aku pegang matematikanya yang merespon tulisanku tentang sertifikasi sambil berucap kangen . Kelas 3 ini memang aku sudah tidak memegang dia , karena aku sadar dia akan mengahadapi Ujian akhir , juga biar belajar kenal guru lain selain aku seperti selama ini . Juga anak anakku alumni hingga siswa yang masih kuajar atau pernah kuajar me like tulisanku hingga lebih dari 10x , juga mahasiswa selalu setia membaca tulisanku atau statusku ,subhanallah . Ini tidak akan kudapat bila aku bukan guru . Dengan menjadi guru bahagianya ya disini iniiiii . Luar biasa ya Allah . Terimakasih sudah engkau beri kesempatan padaku . Oh ya alhamdulillah aku juga sudah mendapat kesempatan sertifikasi , bahkan 2x waktu di SD dan terakhir ini SMK karena tidak bisa mutasi begitu saja berbeda jenjangnya . Semoga aku masih bisa terus professional , bermanfaat bagi anak, keluargaku hingga murid/ mahasiswaku , sampai nanti Allah akan memanggilku pulang . Seperti Kihajar Dwantara , Muhammad Syafei , Bapak Arif Rahman ah aku betul betul terinspirasi oleh mereka .

Posting Komentar

1 Komentar