JADI GURU TUH , BAHAGIANYA DISINI NIIIIIIIIIIICH !! ( 2 )

Aku dan Kelas 12 AK-2 SMK Yadika 13

Aku tuch dulunya ingin jadi seorang wartawan , karena dulu aku punya sahabat pramuka namanya Yogi namanya . Ibunya seorang wanita single parent yang berprofesi jadi wartawan. Yang selalu bepergian kemana mana. Ya aku ingin bisa berkeliling dunia , dan yang kuyakini adalah dengan profesi wartawan itu . Tapi aku juga suka dunia psikologi , dan ingin jadi psikolog karena sering masuk rumah sakit setahun 2x karena bronchitis dan magh ketika gadis sampai mama minta psikolog Karena jelang Ujian kesehatanku begitu menurun dan biasaaa masalah anak gadis duluuuu , Patah hati he he .



Ternyata jalan Allah betul betul menuntunku untuk keprofesi guru . Aku diterima menjadi mahasiswa D-3 Matematika di IPB melalui PMDK ( Prestasi raport ) . Aku sempat ngambek ke orang tuaku , karena aku maunya masuk ke 2 jurusan itu tadi yang aku ceritakan . Tapi , mamaku bilang , mbak kamu tuh harusnya bersyukur . Kakakmu saja SMPTN tidak lulus sekali harus 2x baru keterima barengan kamu . Kamu dapat langsung , gratis ga pakai biaya apapun kenapa harus menolak . “Karena aku ga mau jadi guru maaaa “ tangisku saat itu . Tapi aku harus tahu diri , papaku hanya pegawai BUMN di Garuda dulu dengan 5 anak . Aku anak ke 2 , itu artinya masih ada 3 adik adikku yang butuh biaya sekolah . Aku gratis tis tidak seperti mbakku yang walau negri UNDIP Semarang , tetap harus bayar . Ya saat itu IPB bekerja sama dengan UNJ kini ( dulu IKIP ) melaksanakan program pendidikan guru yang dimiliki Kemendikbud untuk ditempatkan ke daerah daerah pelosok yang kekurangan guru . Dan angkatanku adalah angkatan ke 6 yang terakhir . Makanya papaku bersyukur sekali .


Pernah sih sebelum pengumuman papa minta aku mendaftar di STAN karena ingin aku jadi ahli matematika ( padahal kan pajak sama keuangan ya fokusnya ….ih papa ) . Juga mendaftar ke SMPTN ambil jurusan IPA karena aku dari Biologi SMA. Tapi itu semua belum sempat kujalani keburu pengumuman . Padahal uang pendaftarannya sudah diberikan . He he akhirnya nakalku saat itu , teman teman minta traktir karena pengumuman itu ya aku buat traktir teman teman . Tapi aku sudah bilang mama jujur kok setelahnya .


Aku sangat ogah ogahan saat belajar dulu . Bukannya apa ? matematika yang dulu di SMA sangat mudah buatku , dan selalu dapat 100 , di sana sudah mulai sulit . Kalkulus saja dari 3 mata kuliah kalkulus, kalkulus 3 aku dapat D , hiks . Dan dosen dosennya menurutku ( dulu yaaa ) nggak asyiiik . Cupu cupu dan jutek habis . Ngajar kaku nggak bikin aku tertarik hhhhhhh . Tapi kakak kakak kelasnya sih ganteng ganteng (( uiks . . . ) mereka diperbantukan memegang kelas responsif kami semacam tambahan , dan itu cukup membantu kami adik adiknya . Untuk Tugas Akhirnya ( TA ) aku kebagian Regresi Linear yang sumbernya dari bahasa inggris . Uuuuucch bikin aku bête habis . Dulu kan tidak semudah sekarang ada mbah geogle , mbak Wikipedia atau mas yahoo, walaaah . Tapi lumayanlah , lulus dengan IP 2,79 juga akhirnya . Tapi karena aku sudah menikah tahun 1993 sebelum penempatan Februari 1994 , di SMP 5 Kapahiang Bengkulu , jadinya tidak aku ambil . Karena suamiku saat itu sedang bagus bagusnya karirnya di PT Pembangunan Perumahan dulu .  
( Bersambung )

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Kadang realita tidak sesuai dengan impian ya mbak, tapi bila kenyataan itu kita jalankan dengan ikhlas, insyaallah akan menyenangkan. Salam kenal.

    BalasHapus
  2. Iya terimakasih sudah kunjung , benar kenyataan yang saya nikmati sekarang , terimakasih salam kenal juga

    BalasHapus